Monday, March 14, 2016

Jenis-jenis Program Utility

Jenis-Jenis Program Utility
Program Backup dan restore, utilitas untuk melakukan backup data yang ditujukan untuk membuat duplikat arsip untuk menghindari terjadinya kehilangan data bila perangkat penyimpanan tidak dapat berfungsi. Contoh utilitas backup dan restore yang cukup populer adalah Norton Backup (dari Symantec) dan Colorado Scheduler.
Program Pemulihan Data, utilitas pemulihan data digunakan untuk mengembalikan data yang secara fisik telah rusak atau berubah. Data dapat dirusak oleh virus, perangkat lunak yang buruk, kegagalan perangkat keras, dan fluktuasi daya listrik yang terjadi ketika data sedang ditulisi/diubah.contoh:Get data Back.
Program Kompresi data, utilitas kompresi berfungsi untuk memperkecil ukuran sebuah dokumen sehingga dapat menghemat pemanfaatan ruang penyimpanan, serta mempermudah pendistribusian.Contoh:winrar Free ,win jib. Program Partisi, utilitas untuk mengatur partisi dalam sebuah  hardisk.Contoh:Easius partition manager.
Program utilitas Burning disk, utilitas untuk membuat data dalam piringan dvd ataupun cd.Contoh:Nero.Program utilitas duplikat file,utilitas untuk mempercepat dan mempermudah proses duplikat/copy file.contoh tera copy.
Program utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment