Saturday, May 20, 2017

Kesatuan Dalam Desain

Kesatuan/unity


Karya seni/desain harus menyatu, utuh, tampak seperti menjadi satu. Tanpa adanya kesatuan, suatu karya seni atau desain akan terlihat cerai berai, kacau balau sehingga karya tersebut tidak enak untuk dilihat.Prinsip kesatuan pada dasarnya adalah adanya saling hubungan antar unsur yang disusun. Jika satu atau beberapa dalam susunan terdapat saling hubungan, maka kesatuan telah dapat dicapai. Beberapa hubungan tersebut antara lain, hubungan kesamaan, kemiripan, keselarasan, keterikatan, keterkaitan, kedekatan/kerapatan. Hubungan-hubungan ini kemudian dapat digunakan sebagai pendekatan untuk mencapai kesatuan.

a) Pendekatan kesamaan unsur seni
Pendekatan kesamaan untuk mencapai kesatuan dapat dilakukan dengan cara berikut
  • Menyusun kesamaan unsur seni rupa secara total

Dengan menyusun kesamaan unsur seni rupa secara total, secara otomatis akan membawa pada kesatuan. Contohnya antara lain tatanan tegel lantai, wall paper.

  • Menyusun kesamaan unsur bentuk

Bentuk merupakan unsur seni rupa yang dapat saling bertentangan, sehingga menyebabkan suatu susunan menjadi tidak memiliki kesatuan. Misalnya segitiga dengan lingkaran, kasar dengan halus, keduanya merupakan bentuk bentuk yang berbeda dan tidak memiliki hubungan. Kesatuan dapat dicapai dengan menggunakan bentuk yang sama, walaupun unsur yang lain berbeda. 
  
  • Menyusun kesamaan unsur warna

Unsur warna juga merupakan unsur yang dapat saling bertentangan yang mengakibatkan tidak adanya kesatuan. Misalnya warna-warna komplementer seperti merah-hijau, kuning-ungu, masing-masing tidak saling memiliki hubungan, yang berarti tidak ada kesatuan. Kesatuan dapat dicapai dengan menggunakan warna yang sama, walaupun unsur yang lain berbeda. 

b) Pendekatan kemiripan unsur seni
Mirip artinya hampir sama, ada perubahan-perubahan sedikit, ada transisi atau variasi. Beberapa macam kemiripan untuk mencapai kesatuan antara lain :
  • Kemiripan total unsur rupa

Menyusun sesuatu dengan kemiripan secara total semua unsur seni disebut transisi atau susunan dengan perubahan-perubahan dekat, merupakan salah satu cara untuk memperoleh kesatuan. Misalnya, pohon kelapa cenderung mirip satu sama lain 
  • Kemiripan unsur bentuk

Kesatuan dapat dicapai dengan menggunakan bentuk obyek yang memiliki kemiripan, walaupun unsur yang lain berbeda. Misalnya, bentuk segitiga (siku, sama sisi, sama kaki) cenderung mirip sehingga dapat menyatu. 

  • Kemiripan unsur warna

Menyusun obyek yang memiliki kemiripan warna dapat menciptakan kesatuan. Warna-warna yang mirip antara lain :
  • Warna analogus, yaitu warna-warna yang saling berdekatan pada lingkaran warna
  • Warna close value, yaitu warna-warna yang saling berdekatan pada skala value
  • Warna-warna tersier dan kuarter


0 comments:

Post a Comment