Saturday, May 20, 2017

Keseimbangan Dalam Desain

Keseimbangan

Karya seni/desain harus memiliki keseimbangan agar enak dilihat, tidak berat sebelah. Sebuah karya dikatakan seimbang manakala semua bagian pada karya bebannya sama, sehingga ada gilirannya akan membawa rasa tenang dan enak dilihat. Ada beberapa jenis keseimbangan, yaitu keseimbangan simetris, memancar, sederajat dan tersembunyi.

a) Keseimbangan simetris
Keseimbangan simetris yaitu keseimbangan antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan sama persis, baik dalam bentuk bentuknya, besaran ukurannya, arahnya, warna maupun teksturnya. Jenis keseimbangan ini sanat mudah membuatnya, yaitu dengan cara menyamakan sepenuhnya ruang sebelah kiri dengan ruang sebelah kanan. Komposisi yang sama persis ini menghasilkan kesan kaku dan statis, tidak ada gerak, sesuai untuk membuat desain yang bersifat resmi.

b) Keseimbangan memancar
Keseimbangan memancar sesungguhnya sama dengan keseimbangan simetris, tetapi kesamaan polanya bukan hanyadiantara ruang sebelah kanan dan kiri saja, melainkan juga antara ruang sebelah atas dan bawah.

c) Keseimbangan sederajat
Keseimbangan sederajat yaitu keseimbangan komposisi antara ruang sebelah kiri dan sebelah kanan tanpa memperdulikan bentuk yang ada dimasing-masing ruang.

d) Keseimbangan tersembunyi
Keseimbangan tersembunyi sering juga disebut keseimbangan asimetris yaitu keseimbangan antara ruang sebelah kiri dengan kanan meskipun keduanya tidak memiliki besaran sama maupun bentuk bentuk yang sama.

0 comments:

Post a Comment