Wednesday, October 12, 2016

Bentuk Huruf Dalam Tipografi

Bentuk Huruf

       Setiap bentuk huruf dalam sebuah alphabet memiliki keunikan fisik yang menyebabkan mata dapat membedakan antara huruf ‘m’, dengan ‘p’ atau ‘C’ dengan ‘Q’. Keunikan ini disebabkan oleh cara mata melihat korelasi antara komponen visual yang satu dengan yang lain. Salah satu hukum dari teori Gestalt membuktikan bahwa untuk mengenal atau membaca sebuah gambar diperlukan adanya kontras antara ruang positif yang disebut dengan figure dan ruang negatif yang disebut dengan ground. 
       Langkah awal untuk mempelajari tipografi adalah mengenali atau memahami anatomi huruf. Seperti halnya tubuh manusia, huruf memiliki berbagai organ yang berbeda. Gabungan seluruh komponen dari suatu huruf merupakan identifikasi visual yang dapat membedakan antara huruf yang satu dengan yang lain. Apabila telah memahami anatomi huruf secara baik, dengan mudah dapat mengenal sifat dan karakteristik dari setiap jenis huruf.

Menurut Danton Sihombing (2001), terminologi umum yang digunakan dalam penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf adalah :
1.    Capline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar
2.    Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil
3.    Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar
4.    Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline
5.    Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline
6.    X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline

0 comments:

Post a Comment