Wednesday, October 12, 2016

Komponen Multimedia

GRAFIK

      Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.
Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :
  • Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep
  • Chart, untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik
  • Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi
  • Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati
  • Menunjukkan image dan budaya perusahaan
  • Simulasi dari lingkungan yang ada
  • Menjelaskan proses
  • Menjelaskan struktur organisasi
  • Ilustrasi dari lokasi
        Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan agar menghemat ruang dalam hardisk. Ada dua cara proses pemampatan, yaitu teknik lossless dan lossy. Teknik lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya. Teknik lossy adalah suatu teknik memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama.
       Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor. Gambar bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna. Bitmap digunakan untuk fotorealistik dan gambar kompleks yang membutuhkan detail yang halus. Gambar vektor adalah obyek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan metode matematis.

0 comments:

Post a Comment