Saturday, May 20, 2017

Keserasian Dalam Desain

Keserasian/proporsi
Proporsi merupakan salah satu prinsip dasar seni rupa untuk memperoleh keserasian. Karya seni/desain harus serasi agar enak dinikmati. Karya yang tidak serasi tentu tidak sedap dipandang. Proporsi pada dasarnya menyangkut perbandingan ukuran yang sifatnya matematis. Yang menjadi masalah adalah bahwa karya seni/desain berangkat dari rasa, sehingga sangat sulit menetapkan ukuran perbandingan yang bersifat matematis ke dalamnya.

Proporsi ideal
Proporsi yang ideal adalah suatu ukuran perbandingan dari penciptaan karya seni yang dibuat atas dasar kaidah-kaidah perbandingan yang dianggap paling ideal sehingga diperoleh karya seni yang menarik.
Terdapat empat masalah proporsi ideal yaitu proporsi bentuk bentuk dan proporsi ruang, proporsi antara bentuk bentuk dan ruang, proporsi antara bentuk bentuk dalam ruang, proporsi warna.
Proporsi bentuk bentuk dan proporsi ruang

Bentuk bentuk dapat berupa dua dimensi dan tiga dimensi. Demikian pula dengan ruang, dapat berupa dua dimensi dan tiga dimensi. Dua dimensi memiliki dimensi panjang dan lebar, sementara tiga dimensi memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi/tebal. Proporsi bentuk bentuk maupun proporsi ruang adalah menyangkut ukuran, dimana proporsi yang dianggap ideal pada umumnya dinyatakan dengan ukuran yang bersifat matematis. Beberapa proporsi bentuk bentuk dan proporsi ruang yang bersifat matematis tersebut diantaranya :
  • The golden oblong, merupakan suatu ukuran perbandingan bentuk bentuk dan keluasan ruang yang telah dicipta sejak jaman Yunani, yaitu perbandingan ukuran keluasan 2 : 3 untuk dua dimensi dan perbandingan ukuran keluasan 5 : 7 : 11 untuk tiga dimensi.
  • The golden mean, merupakan prinsip perbandingan keluasan 1 : 1,618. Perbandingan ini diperoleh dari deret ukur 1, 1,618, 2, 2,618…. dan seterusnya, yang secara relative sama dengan deret ukur 8, 13, 21, 34, 55, 89 … dan seterusnya, yang secara relative pula sama dengan deret ukur 13/8, 21/13, 34/21, 55/34, 89/55 … dan seterusnya.
  • The golden mean rectangle, merupakan proporsi persegi panjang atas dasar prinsip the golden mean dengan perbandingan panjang 1,618 dan lebar 1. Proporsi jenis ini sering disebut proporsi agung.


0 comments:

Post a Comment