Saturday, May 20, 2017

Prinsip Storyboard

Prinsip Storyboard

Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya. Storyboard juga tidak terbatas hanya pada pembuatan animasi atau film saja karena produksi iklan, game, cd multimedia dan elearningpun menggunakan story board. Apa yang harus diperhatikan pada penulisan storyboard?
Ada beberapa Prinsip dalam penyusunan storyboard antara lain:
Pesan visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar), 
Komunikatif, 
Efisien dan efektif, 
Sekaligus indah/ estetis.
Untuk memenuhi Prinsip prinsip tersebut maka konsep dan strategi yang harus dilakukan.
KONSEP 5 W + 1 H =‘What, Why, Who, Which, Where, How.’ 
Meliputi :
1. Ide cerita dan pesan apa yang disajikan dalam naskah  
2. Apa jenis genre dan suasana yang hendak dicapai 
3. Apa settingnya (lokasi dan waktu) dan bagaimana alurnya 
4. Kepada siapa cerita ini diperuntukan (anak – anak, dewasa, atau segala usia) 
5. Bagaimana cara pengambilan gambarnya (pemilihan warna, framing, dan angle) 
7. Apa peluang dan target dari pembuatan film tersebut 
8. Apa yang diperlukan untuk mendukung cerita (property, wardrobe,actor/aktris) 
9. Kebiasaan, pola dan cara masyarakat.
10. Teknik Pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk itu 

STRATEGI 
Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan secara efektif dan efisien. 
Cara yang biasa dipergunakan yaitu : 
1. Merancang Strategi Komunikasi , sehingga storyboard mudah dibaca dan dapat dikomunikasikan dengan baik
2. Menyusun Strategi Kreatif , sehingga storyboard menjadi menarik dan menciptakan hal baru
Dengan prinsip – prinsip tersebut storyboard diharapkan mampu memberikan jawaban/jalan keluar terhadap problem-problem yang ada sesuai dengan kebutuhan film. Ini menggunakan riset, eksperimentasi, kritik, dan analisa. Dari segi pendekatan visual maupun copywriting mampu menarik khalayak untuk melihat, mengerti dan kemudian mengambil tindakan yang diharapkan sebenar-benarnya.

0 comments:

Post a Comment