Thursday, September 10, 2015

Pengertian Website

          Assalamu’alaikum Wr.Wb
          Ketemu lagi gan and sista bareng ane kali ini ane bakalan ngeshare ke kalian tentang website, pasti sebagian banyak orang sudah mengetahui yang namanya website, tapi kalian tau ga sejarah Web?, Pengertian Websit?, dan jenis-jenis Web? Nah kali ini ane bakalan ngejelasin kepada agan dan sista tentang semua itu.


SEJARAH WEB

            Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.

            Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.

            Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS). 

Pengertian Website
                Website , Website adalah kata yang udah gak aneh lagi di jaman  modern ini . Tetapi apakah anda semua tau apa itu website ?,,,,. Website adalah sebuah halaman yang berisi informasi tertentu yang berbasiskan hypertext. Website juga di bagi kedalam 3 bagian yaitu:
Website Statis
                Website stastis adalah web yang dibuat secara manual dengan mengetikan kode HTML menjadi suatu halaman web dan isinya tetap tidak aka nada system update.

Website Dinamis
                Website dinamis adalah website yang bisa diupdate secara mudah sehingga isi dari website tersebut berubah sesuai dengan keinginan pemiliknya. Contoh Website Dinamis adalah : Blogspot
Dan lain lain
Website Interaktif
                Web interaktif adalah website yang dapat berkomunikasi dua arah antar pengunjung dan pengurus website atau antar pengunjung website.
Contoh : Facebook ,Twitter , dan lain-lain.
         Fungsi Web
Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.     Fungsi komunikasi
Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.
2.     Fungsi informasi
Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.
3.     Fungsi entertainment
Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.
4.     Fungsi transaksi
Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

            Sekain gan and sista ilmu yang dapat ane share ke kalian semoga banyak manfaatnya yaaa… jangan lupa juga gan and sista kunjungi www.barajey.blogspot.com di sana terdapat banyak ilmu yang dapat agan and sista dapatkan.
          Wassalamu’alaikum Wr.Wb


0 comments:

Post a Comment