Tuesday, November 10, 2015

Bentuk-bentuk Konektor Power Supply



          Assalamu’alaikum Wr.Wb
          Balik lagi bareng ane gan and sista mudah-mudahan kalian semua khususnya yang membaca artikel ini selalu dalam lindungan Allah swt dan selalu diberikan rezeki yang melimpah amiin, dalam kesempatan kali ini ane bakalan ngeshare ilmu ke kalian tentang Bentuk-bentuk Konektor Power Supply, oke gan and sista langsung ke TKP.
Bentuk-bentuk konektor power supply
Konektor 20/24 pin ATX motherboard
        Konektor ini merupakan konektor dari power supply unit (PSU) yang dihubungkan ke motherboard, berfungsi sebagai sumber daya utama motherboard. Konektor ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin.
Konektor 4/8 pin 12V
          Konektor 4-pin 12V (P4) dan konektor 8-pin 12V (EPS) digunakan untuk memberikan daya khusus kepada prosesor.P4 mulai digunakan pada motherboard untuk prosesor pentium 4 sehingga disebut P4.
Konektor 6 pin PCIe
          Konektor ini digunakan untuk memberikan daya pada beberapa graphic card yang berbasis PCIe yang membutuhkan lebih banyak daya dibanding graphic card biasanya.Jarang ditemukan di PC, hanya PC yang digunakan di bidang multimedia, terutama video. Konektor ini terdiri dari 6-pin, terdiri dari 3 jalur +12V  dan 3 jalur ground.
Konektor 4 pin peripheral power connector (Molex)
          Konektor ini digunakan untuk memasok daya ke berbagai komponen hardware yang terdapat di dalam casing komputer. Komponen tersebut antara lain harddisk, CD-ROM, kipas, dll.
Konektor Floppy
          Konektor ini hanya berfungsi memasok daya ke floppy disk drive. Jumlah jalur pada konektor ini sama dengan pada konektor Molex, yaitu sebanyak 4 jalur.
Konektor SATA
          Konektor ini digunakan khusus untuk komponen yang menggunakan interface SATA, misalnya harddisk. Konektor ini memiliki 3 tegangan, yaitu +3,3V, +5V, dan +12V.
       
       Sekian dulu gan and sista ilmu yang dapat ane share kali ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi nilai ibadah buat agan and sista amiin, jangan lupa gan and sista tetep kunjungi blog ane gan and sista.
          Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

0 comments:

Post a Comment