Tuesday, November 10, 2015

Konfigurasi Motherboard



          Assalamu’alaikum Wr.Wb
          Balik lagi bareng ane gan and sista mudah-mudahan kalian semua khususnya yang membaca artikel ini selalu dalam lindungan Allah swt dan selalu diberikan rezeki yang melimpah amiin, dalam kesempatan kali ini ane bakalan ngeshare ilmu ke kalian tentang Konfigurasi motherboard, oke gan and sista langsung ke TKP.
KONFIGURASI MOTHERBOARD
          Konfigurasi motherboard membutuhkan hal-hal berikut:
1. memasang CPU
2. memasang kipas dan heat sink
3. memasang RAM
4. menghubungkan kabel power supply pada konektor listrik motherboard dan sambungkan berbagai konektor lainnya pada switch (pengatur) yang tepat serta lampu status pada panel depan case.
5. Mengeset BIOS system
Mengkonfigurasi Konektor
          Untuk pengaturan disket, selalu ingat bahwa garis berwarna pada kabel data adalah pin 1. Konektor yang lebih modern sebagian besar  dikunci dengan sebuah pin yang hilang ataupun konektor yang tersumbat, sehingga tidak mungkin melakukan kesalahan dalam pemasangan. Kebanyakan, kabel berwarna pada kabel listrik adalah positif sementara kabel berwarna putih atau hitam sebagai ground atau negatif. Konektor I/O umumnya mengikuti konvensi standar industry.
Mengkonfigurasi BIOS
          Chip ROM BIOS dan Complementary Metal Oxide Semiconductor atau sering disebut CMOS, berisi software yang mengatur dan merekam konfigurasi master untuk keseluruhan komponen dalam sistem, BIOS mengeset komponen-komponen lain seperti halnya hard drive, CD-ROM, dan setting floppy. Ketika drive dilepas, memory diupgrad, atau papan adapter ditambahkan, setup BIOS perlu diupdate/diperbarui untuk menampilkan/mengenali perubahan konfigurasi dan kemudian disimpan di dalam chip CMOS.

          Sekian dulu gan and sista ilmu yang dapat ane share kali ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi nilai ibadah buat agan and sista amiin, jangan lupa gan and sista tetep kunjungi blog ane karena di postingan selanjutnya ane bakalan ngeshar ke kalian tentang Jumper.
          Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

0 comments:

Post a Comment