Tuesday, November 10, 2015

Jumper



          Assalamu’alaikum Wr.Wb
          Balik lagi bareng ane gan and sista mudah-mudahan kalian semua khususnya yang membaca artikel ini selalu dalam lindungan Allah swt dan selalu diberikan rezeki yang melimpah amiin, dalam kesempatan kali ini ane bakalan ngeshare ilmu ke kalian tentang Jumper , oke gan and sista langsung ke TKP.
Jumper  
          Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector atau penghubung sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.
Fungsi Jumper
          Fungsi Jumper ini dalam komputer digunakan untuk menyetting perlengkapan komputer sesuai dengan keperluan.Jumper pada komputer biasanya digunakan pada Motherboard, Harddisk dan Optical Disk, dan pada beberapa VGA Card tertentu.
Jumper pada Motherboard
   1. Jumper Clear CMOS
          Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya terdapat 3 kaki (pin) pada jumper ini. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan me-reset CMOS pada posisi default.
          Jumper ini juga digunakan bila pengguna lupa pada password yang digunakan pada BIOS. Dengan melakukan Clear CMOS atau mencabut baterai CMOS, maka password yang dibuat akan hilang dengan sendirinya.
 
   2. Jumper Bus Clock
          Jumper ini berfungsi untuk menyeting Bus Clock pada processor. Pada saat ini, hampir bisa dibilang jumper ini jarang digunakan. Fungsi setting yang tadinya diatur oleh jumper sekarang sudah dibuat bisa disetting lewat BIOS.

          Sekian dulu gan and sista ilmu yang dapat ane share kali ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi nilai ibadah buat agan and sista amiin, jangan lupa gan and sista tetep kunjungi blog ane karena di postingan selanjutnya ane bakalan ngeshare ke kalian tentang Jumper Bus Ratio, Jumper VGA, Jumper Audio, Jumper USB power, dan Jumper Memory atau RAM.
          Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

0 comments:

Post a Comment